Kamis, 05 Desember 2013

BAB 11 MANUSIA DAN HARAPAN



11.1 Pengertian Harapan
PENGERTIAN HARAPAN
Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud. Namun ada kalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha. 

PERSAMAAN HARAPAN DAN CITA-CITA
Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu, keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1. kelangsungan hidup
2. keamanan
3. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4. diakui lingkungan
5. perwujudan cita-cita

CONTOH-CONTOH HARAPAN
-       Mika senang sekali bernyanyi. Setiap hari ia selalu berlatih mengasah vokalnya dengan harapan ia bisa menjadi penyanyi terkenal seperti artis idolanya yaitu Agnes Monica.
-       Rina seorang mahasiswi psikologi Gunadarma. Ia rajin belajar dengan harapan didalam ujian semester mendapatkan angka yang memuaskan.

11.2 Apa Sebab Manusia Mempunyai Harapan

PENYEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN
Ada dua hal yang mendorong manusia untuk mempunyai harapan yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup
Dorongan kodrat ialah sifat atau pembawaan alamiah yang sudah lama terjelma dalam diri manusia misalnya bergembira, menangis, berfikir. Dorongan kodrat  menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan
Dorongan kebutuhan hidup dibedakan atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani misalnya makan, minum, pakaian, rumah (sandang, pangan, papan).

Menurut Maslow sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1.kelangsugnan hidup
2.keamanan
3.hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4.diakui lingkungan
5.perwujudan cita-cita

11.3 Pengertian Doa
PENGERTIAN DOA
Doa bererti memohon atau meminta sesuatu yang baik daripada Allah s.w.t yang Maha Pemurah. Allah s.w.t. menyuruh orang-orang Islam berdoa atau meminta sesuatu kepadaNya seperti firman di bawah yang bermaksud:
Dan Tuhan kamu berfirman: “Berdoalah kepada Ku nescaya Aku perkenankan doa permohonan kamu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong takbur daripada beribadat dan berdoa kepadaKu, akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina.” (Surah Al-Mu’min:60)
MACAM-MACAM DOA
-       Doa agar diberikan kesuksesan
-       Doa orang tua
-       Doa agar di permudah rezekinya
CONTOH DOA
Doa dimudahkan segala urusan

bismillahhiRRahmaniRRahim
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”
(QS. Al Baqarah, 2 : 286)
رَشَدًا أَمْرِنَا مِنْ لَنَا وَهَيِّئْ رَحْمَةً لَدُنْكَ مِنْءَاتِنَارَبَّنَا
Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada
“Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. (Q.S. Al-kahfi : 10)

11.4 Kepercayaan 
PENGERTIAN KEPERCAYAAN
Kepercayaan berasal dari kata percaya artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Dasar kepercayaan itu adalah kebenaran. Kebenaran atau benar amat penting bagi manusia. Setiap orang mendambakannya, karena ia mempunyai arti khusus bagi hidupnya. Ia merupakan focus dari segala pikiran, sikap dan perasaan. Dalam tingkah laku, perbuatan manusia selalu hati-hati agar mereka tidak menyimpang dari kebenaran. 

3 TEORI KEBENARAN
Dr Yuyun Suriasumantri dalam bukunya filsafat ilmu mengemukakan tiga teori tentang kebenaran :
-       Teori koherensi : suatu pernyataan dianggap benar bila pernyataan itu bersifat koheren atau konsisten dengan pernyataan – pernyataan
sebelumnya yang dianggap benar. Misalnya setiap manusia pasti mati. Paul manusia. Paul pasti mati
-       Teori korespondensi :  teori yang menyatakan bahwa suatu pernyataan benar bila materi pengetahuan yang dikandung penyataan itu berkorespondesni (berhubungan dengan) obyek yagn dituju oleh pernyataan tersebut
-       Teori pragmatis :  Kebenaran suatu pernyataan diukur dengan criteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis.

11.5 Kepercayaan Dan Usaha Untuk Meningkatkannya
4 KEPERCAYAAN
Empat dasar kepercayaan
Dasar kepercayaan adalah kebenaran, sumber kebenaran adalah manusia. Kepercayaan itu dapat dibedakan atas :
1.kepercayaan pada diri sendiri
2.kepercayaan pada orang lain
3.kepercayaan pada pemerintah
4.kepercayaan pada Tuhan

USAHA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA KEPADA TUHAN NYA
Berbagai usaha dilakukan manusia untuk meningkatkan rasa percaya kepada tuhannya, usaha itu bergantung pada pribadi, kondisi, situasi dan lingkungan. Usaha itu antara lain :
•Meningkatkan ketaqwaan kita dengan jalan meningkatkan ibadah
•Meningkatkan pengabdian kita kepada masyarakat
•Meningkatkan kecintaan kita kepada sesame manusia dengan jalan suka menolong, dermawan dan sebagainya
•Mengurangi nafsu mengumpulkan harta yang berlebihan
•Menekan perasaan negative seperti iri, dengki, fitnah dan sebagainya

SUMBER :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar