Minggu, 16 Maret 2014

CONTOH HEWAN YANG DIKAITKAN DENGAN MITOS, LEGENDA DAN CERITA RAKYAT

Anisa Triananda

1PA15

NPM : 11513080

BAB I
PENDAHULUAN 
Latar Belakang Masalah
Cerita rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa.Cerita rakyat sendiri bisa berupa dongeng atau mitos, legenda atau asal mula suatu tempat atau kejadian, epos atau cerita yg mengandung sifat kepahlawanan, dan fabel atau cerita binatang. Ada beberapa pengertian mengenai arti kata dari legenda yang dikemukakan oleh
beberapa ahli. Legenda (Latin:legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang empunya cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. walaupun demikian,karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi (pembelokan) sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Sedangkan menurut Pudentia, staf pengajar di fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, legenda adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite. Dalam KBBI 2005, legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. Menurut Emeis, legenda adalah cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan. Menurut William R. Bascom, legenda adalah cerita yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Menurut Hooykaas, legenda adalah dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian Pada dasarnya, cerita rakyat Indonesia penuh dengan unsur yang mendidik. Cerita rakyat juga menambah kemampuan berbahasa dan meningkatkan apresisasi. terhadap karya sastra. Semakin sering cerita rakyat ini diceritakan, maka akan semakin mudah untuk diingat. Nantinya hal ini secara tidak langsung akan membantu mengembangkan kesadaran akan kebudayaan dan melestarikan budaya Indonesia sendiri. Malin Kundang, Timun Mas, Si Pitung, Legenda Danau Toba, merupakan contoh dari sederetan cerita rakyat yang ada di Indonesia.

 

PENGERTIAN MITOS LEGENDA DAN CERITA RAKYAT

Pengertian Mitos 

Mitos adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kayangan) dan dianggap benar – benar terjadi oleh empunya cerita atau penganutnya.


Pengaruh Mitos Secara Umum terhadap Masyarakat

Mitos sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Ada masyarakat yang mempercayai mitos tersebut, ada juga masyarakat yang tidak mempercayainya. Jika mitos tersebut terbukti kebenarannya, maka masyarakat yang mempercayainya merasa untung. Tetapi jika mitos tersebut belum terbukti kebenarannya, maka masyarakat bisa dirugikan.
  
  • Pengertian Legenda
Legenda (bahasa Latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor Menurut Pudentia, legenda adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite.

  • Pengertian Cerita Rakyat
Cerita Rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa. Fungsi Cerita rakyat selain sebagai hiburan juga bisa dijadikan suri tauladan terutama cerita rakyat yang mengandung pesan-pesan pendidikan moral.
CONTOH MITOS KUCING HITAM :

- Bila ada kucing yang melintasi jalan kita dengan ciri berbulu hitam total
bermakna segala usaha dan urusan anda akan sia-sia.
- Bila kucing hitam melompati jenazah bermakna jika itu terjadi maka akan membangunkan si jenazah dan bila jenazah memeluk orang yang ada disekitarnya maka akan sulit untuk dilepaskan. 

Legenda Kucing yang Setia
neko1
Masih ingatkan tentang maneki neko? Itulah  kucing keberuntungan. Banyak orang yang meletakkan pajangan maneki neko di tempatnya berusaha.
Ada banyak legenda tentang asal-usul maneki neko, namun ada 3 yang paling terkenal. Yaitu legenda tentang kucing di kuil, nenek miskin dan kucingnya, dan kucing setia dari Yoshiwara.
Nah, inilah kisah yang ketiga. Pada pertengahan abad 18, Jepang memiliki kota-kota kecil yang sangat sibuk. Di sana ada banyak sekali hiburan. Salah satunya terletak di Yoshiwara, di bagian Timur Edo (Tokyo).
Tempat hiburan itu menampilkan permainan musik dan tarian. Di Yoshiwara ada seorang geisha yang sangat pandai bernama Usugume. Keahlian menari dan memainkan alat musiknya sudah sangat tinggi.
Menyelamatkan Majikan
  
Usugume mempunyai seekor kucing yang setia. Kemana pun ia pergi, kucingnya selalu mendampinginya. Suatu malam, Usugume hendak masuk ke kamar mandi. Namun kucingnya menarik-narik pakaiannya dengan kasar.“Jangan main-main!” seru Usugume pada kucingnya. Namun kucingnya tetap menarik kimononya,sehingga ia heran dan ketakutan. Ia pun meminta pertolongan pemilik rumah. Usugume takut, kucingnya berubah menjadi jahat. Pemilik rumah pun membawa samurai dan tap! Kucing itu ditebasnya sehingga mati seketika. Tak lama kemudian mereka mengetahui, kalau kucing itu ingin mencegah tuannya ke kamar mandi. Di sana ada ular yang membahayakan nyawa Usugume. Geisha itu menangis dan terus menangis. Ia sangat sedih dan menyesal. Ia merasa bersalah, karena telah membuat kucing kesayangannya terbunuh. Padahal, kucing itu sudah menyelamatkan nyawanya. Kejadian itu lalu diketahui banyak orang. Kisah kucing yang berjasa sangat mengharukan.Untuk mengenang kucing Usugume, seorang tamu menghadiahkan geisha itu patung kucing. Patung kayu itu sangat indah dan harum, sehingga Usugume sedikit terhibur. Semenjak itu bermunculanlah patung-patung kucing lainnya. Itulah asal-usul maneki neko dalam legenda ini.


 CERITA RAKYAT

Kisah Kucing dan Harimau (Cerita Rakyat Cina)



Dahulu kala, kucing bersahabat dengan harimau.  Mereka selalu bersama-sama di hutan . Harimau tidak pandai berburu, maka kucing yang mencari hewan buruan untuk mereka berdua.  Karena tubuh kucing kecil, maka ia hanya dapat menangkap hewan-hewan kecil untuk mereka makan.
Harimau sering merasa lapar karena makanannya hanya sedikit. Ia sering melihat kucing berburu dan berpikir, kalau ia berburu, tentu ia akan mendapat mangsa yang lebih besar dan ia dapat makan sampai puas.
“Kucing,” kata harimau. “Aku ingin berburu, tapi aku tidak tahu caranya. Ajari dong,”
“Gampang kok,” kata kucing. Lalu ia mulai mengajarkan cara mengejar hewan buruan. Esoknya, kucing menunjukkan bagaimana menerkam dan menangkap buruannya.
Harimau belajar dengan cepat.  Ia sudah dapat menangkap hewan buruan besar. Tapi harimau tidak puas. “Kucing sangat pintar,” katanya dalam hati. “Pasti ada ilmu lain yang dimilikinya. Ia harus mengajarkannya kepadaku.”
“Hai, kucing,” kata harimau. “Kau sudah mengajarkan aku berburu. Ajari aku kepandaian lain, dong.”
“Kepandaian apa lagi?” jawab kucing. “Semua sudah kuajarkan kepadamu”
Harimau masih penasaran. Ia berpikir terus, bagaimana caranya agar kucing menunjukkan kemampuan yang belum diajarkannya. “Mungkin kalau aku mengejutkannya,” kata harimau dalam hati, “kucing akan menggunakan ilmu itu.”
Pada suatu hari, kucing sedang tidur. Harimau mengendap-endap dan menerkam kucing! Kucing terkejut tapi ia dapat menghindar dan memanjat sebatang pohon yang tinggi.
Pada saat itu kucing baru teringat bahwa ia belum mengajarkan cara memanjat pohon kepada harimau. Sementara harimau yang merasa dikhianati, marah besar.
“Kucing!” teriak harimau dari bawah pohon. “Aku tahu kau bukan teman yang baik. Akan kubalas kau!”
Harimau menunggu kucing turun dari pohon, tapi kucing tetap bertahan . Akhirnya harimau merasa lelah dan lapar, ia pun pergi sambil mengancam,” Kau tidak bisa lari dariku. Ke manapun kau pergi, aku akan mencarimu.”
Setelah harimau pergi, kucing turun dari pohon dan lari ke perkampungan manusia.  Kepandaiannya menangkap tikus membuat  manusia suka padanya dan sering memberinya makanan. Kucing pun tinggal di perkampungan. Namun, walaupun kucing tahu harimau tidak dapat mengejarnya ke perkampungan, ia selalu berhati-hati. Setiap membuang kotoran selalu ditimbunnya dengan tanah agar tidak dapat ditemukan oleh harimau.

http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-20989-3407100015-Chapter1.pdf
http://indonesiatera.com/Memahami-Cerita-Rakyat-di-Indonesia.html
http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Sekitar-Kita/Pengetahuan-Umum/Legenda-Kucing-yang-Setia
http://resourceful-parenting.blogspot.com/2013/02/kisah-kucing-dan-harimau-cerita-rakyat_22.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar