Selasa, 03 Desember 2013

BAB 10 MANUSIA DAN KEGELISAHAN

10.1 Pengertian Kegelisahan
PENGERTIAN KEGELISAHAN
kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan merupakan salah satu eksp
resi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari,kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan. Kekawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkait juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan,bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.


3 MACAM KECEMASAN YANG MENIMPA MANUSIA

Sigmund Freud berpendapat bahwa ada tiga macam kecemasan
yang menimpa manusia yaitu :
1.    kecemasan kenyataan (obyektif)
2.    kecemasan neorotik
3.    kecemasan moril.

10.2 Sebab-sebab Orang Gelisa

SEBAB-SEBAB ORANG GELISA
Apabila kita kaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari luar maupun dari dalam

CONTOH-CONTOH ORANG GELISA
-          Bila ada suatu tanda bahaya (bahaya banjir, gunung meletus, atau perampokan) orang tentu akan gelisah. Hal ini disebabkan karena bahaya itu mengancam akan hilangnya beberapa hak orang sekaligus, misalnya hak hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan, hak kemerdekaan hidup, dan mungkin hak nama baik.

-          gelisah karena bingung bagaimana cara menyatakan perasaan untuk orang yang disukainya. Biasanya hal ini banyak menimpa remaja – remaja. Walaupun hal tersebut tidak sewajarnya terlalu dipikirkan oleh usia – usia remaja, namun hal ini dapat menyita konsentrasi remaja tersebut. Maka dari itu, saya menganjurkan untuk para remaja yang sedang menyukai seseorang, untuk menyatakan perasaannya agar konsentrari tidak dikacaukan kegelisahan.

10.3 Usaha-usaha Mengatasi Kegelisahan

USAHA-USAHA MENGATASI KEGELISAHAN
Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus mulai dari kita sendiri, yaitu kita harusbersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

CONTOH-CONTOH MENGATASI KEGELISAHAN
-          Bersikap tenang saat memiliki masalah
-          Bersabar dalam menerima keputusan
-          Ikhlas terhadap apa yang telah terjadi.

10.4 Keterasingan

PENGERTIAN KETERASINGAN
keterasingan adalah bagianhidup manusia. Sebentar atau lama orang pernah mengalamai hidupdalam keterasingan, sudah tentu dengan sebab dan yang berbeda satu sama lain. Yang menyebabkan orang berada dalam keterasingan itu ialah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat, atau kekurangan yang ada pada diri seseorang, sehingga ia tidak dapat atau sulit menyesuaikan diridalam masyarakat.
1 AYAT AL-QUR’AN TENTANG KETERASINGAN
-          “Katakanlah; Inilah jalanku. Aku mengajak (kamu) kepada Allah di atas bashirah/ilmu. Inilah jalanku dan jalan orang-orang yang mengikutiku. Dan maha suci Allah, aku bukan termasuk golongan orang-orang musyrik.” (QS. Yusuf: 108)

10.5 Kesepian

PENGERTIAN KESEPIAN
Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau merasa sendiri. lama rasa sepi itu bergantung kepada mental
orang dan kasus penyebabnya.

3 MACAM PENYEBAB TERJADINYA KESEPIAN
1.    Kurang pintar bergaul dalam masyarakat
2.    Keterasingan akibat sikap sombong, angkuh, kaku, keras kepala, sehingga dijauhi teman-teman sepergaulan
3.    Perbuatan kita yang buruk

CONTOH-CONTOH ORANG YANG SEDANG KESEPIAN
Ada seorang anak yang angkuh dan sombong karena dia merasa paling pintar di sekolahnya. Dia tidak mau berbagi ilmu dengan teman-temanya, sehingga dia di jauhkan oleh teman-temanya. Sehingga di kelas dia tidak mempunyai teman.

10.6 Ketidak Pastian

PENGERTIAN KETIDAK PASTIAN
Ketidak pastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal-usul yang jelas. Ketidak
pastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidaktentu, tidak dapat ditentukan, tidak
tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas itu semua
adalah akibat pikirannya tidak dapat konsentrasi. Ketidak konsentrasian disebabkan
oleh berbagai sebab, yang jelas pikiran kacau.

MACAM-MACAM PENYEBAB TERJADINYA KETIDAK PASTIAN
1. Obsesi
Obsesi merupakan gejala neuroso jiwa, yaitu adanya pikiran atau perasaan tertentu yang terus menerus, biasanya tentang hal-hal yang tak menyenangkan, atau sebab-sebabnya tak diketahui oleh penderita. Misalnya selalu berpikir ada orang yang ingin menjatuhkan dia.
2. Phobia
Ialah rasa takut yang tak terkendali, tidak normal, kepada sesuatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebab-sebabnya.
3. Kompulasi
Ialah adanya keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan, sehingga ada dorongan yang tak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali
4. Histeria
Ialah neorosa jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental, kekecewaan, pengalaman pahit yang menekan, kelemahan syaraf, tidak mampu menguasai diri, sugesti dari sikap orang lain
5. Delusi
Menunjukan pikiran yang kurang beres, karena berdasarkan suatu keyakinan palsu. Tidak dapat memakai akal sehat, tidak ada dasar kenyataan dan tidak sesuai dengan pengalaman
6. Halusinasi
Khayalan yang terjadi tanpa rangsangan pancaindra.
7. Keadaan Emosi
Dalam keadaan tertentu seseorang sangatberpengaruh oleh emosinya. Ini nampak pada keseluruhan pribadinya gangguan pada nafsu makan, pusing-pusing, muka merah, cepat keringat, tekanan darah tinggi/lemah.

1 CONTOH TENTANG KETIDAK PASTIAN
Contoh paling sederhana adalah rasa ketidakpastian yang berada di benak anak SMP kelas 3 yang telah menyelesaikan UAN, ketidakpastian itu berupa 2 kemungkinan, yaitu : lulus atau tidak. Karena anak tersebut tidak yakin akan hasil kerjaanya yang telah dia kerjakan pada saat menempuh ujian UAN karena hari sebelumnya tidak belajar misalnya.

10.7 Usaha-usaha Mengatasi Ketidak Pastian

USAHA-USAHA MENGATASI KETIDAK PASTIAN
Untuk dapat menyembuhkan keadaan itu bergantung kepada mental si penderita.
Bila penyebab itu jelas, misalnya rindu,obatnya mudah, yaitu dipertemukan dengan orang yang dirindukan. Phobia atau jenis takut bisa dilatih sedikit demi sedikit, sehingga tidak takut lagi. Orang takut ular, takut ulat yang berbulu,dapat
disembuhkan karena dibiasakan dengan benda-benda tersebut. Melakukan semua hal dengan batas paling akhir dari kemampuan kita, dan kemudian menyerahkan pada Sang Pencipta sebagai hasilnya.

AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM MENGATASI KETIDAK PASTIAN
Dan aku tidak mengira Hari Kiamat itu akan datang, dan jika sekiranya aku dikembalikan kepada Tuhanku, pasti aku akan mendapat tempat kembali yang lebih baik daripada kebun-kebun itu. (Q.s. al-Kahfi: 36).


SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar