Kamis, 09 Oktober 2014

Lanjutan LAYANAN APLIKASI INTERNET (EMAIL) 2 ^^

C. Cara Membuat Email di Hotmail
Layanan email gratis Hotmail ini disediakan oleh Microsoft.com. Memang tidak sepopuler Gmail dan Yahoo mail, tapi layanan ini sangat banyak digunakan orang.
1. Langkah pertama, buka situs Hotmail
2. Klik tombol “Sign up now” pada bagian kanan bawah halaman Hotmail.
3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:
§  Name: isi dengan nama depan dan nama belakang Anda
§  Birth date: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
§  Gender: pilih jenis kelamin
§  Microsoft account name: isi dengan alamat email yang Anda inginkan di akun Microsoft Anda
§  Create password: isi dengan sandi yang Anda inginkan
§  Reenter password: masukkan kembali sandi Anda
§  Phone number: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan akun email
§  Alternate email address: isi dengan alamat email Anda yang lain, kosongkan bila tidak ada. Bila Anda tidak mengisi email alternatif maka Anda harus mengisi pertanyaan dan jawaban rahasia untuk menjaga keamanan akun email Anda.
§  Country region: pilih negara tempat tinggal Anda
§  Postal code: isi dengan kode pos Anda
§  Enter the characters you see: isi dengan karakter yang Anda lihat, ini untuk mencegah spam
§  Lalu klik tombol “I Accept”
 
4. Tadaaaa, akun email Anda di Hotmail sudah jadi. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Continue to inbox” untuk melihat halaman email Anda.
Terdapat 3 jenis E-mail, yaitu:
1.       POP mail (Post Office Protocol)
  1. Webmail
  2. Email forwarding
1.      POP mail (Post Office Protocol)
Pop mail (Post Office Protocol) adalah sebuah aplikasi-lapisan Internet protokol standar yang digunakan oleh lokal klien E-mail untuk mengambil E-mail dari server remote melalui koneksi TCP / IP.
Kelebihan POP mail:
a.       Dapat dibaca secara offline
  1. Kita dapat membaca satu persatu E-mail yang masuk
Kekurangan POP mail:
Kita tidak bisa membaca  E-mail dari sembarang tempat
2.      Webmail
Webmail adalah sebuah aplikasi web yang diakses melalui web browser. Contohnya: Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail, dan AOL Mail.
Kelebihan Webmail:
Dapat melakukan pengecekan email dimana saja dan kapan saja
Kekurangan Webmail   :
Pengecekan e-mail harus selalu terhubung dengan internet
3.      E-mail Forwarding
E­-mail Forwarding umumnya mengacu pada pengoperasian kembali mengirim pesan email dikirim ke satu alamat email ke alamat email yang mungkin berbeda.

Kelebihan E-mail Forwarding   :
a.       Dapat menyembunyikan alamat email sesungguhnya
  1. Jika kita hendak mengganti email, tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru hanya cukup memberi alamat email forwarding
Kekurangan E-mail Forwarding:
Bersifat perantara, jadi harus meneruskan email yang diterima ke alamat lain, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke alamat email sesungguhnya



10 Macam-macam Layanan Aplikasi Internet


2. World Wide Web (WWW)
Layanan internet yang berupa layanan www sangat populer di tengah-tengah masyarakat, layanan ini memungkinan kita semua bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan www guna mencari informasi berlimpah dari internet. Sekedar mengingatkan saja meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi, dan trafficking.

3. Mailing List
Layanan internet Mailing list memungkinkan adanya sebuah forum diskusi antar para pemilik e-mail di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke e-mail masing-masing anggota diskusi. Penyedian Mailing List populer saat ini adalah Yahoo Groups. Anda bisa mendiskusikan berbagai macam topik diskusi dengan menjadi anggota sebuah mailing list.

4. E-Commerce
E-Commerce merupakan layanan internet untuk kepentingan ekonomi, seperti toko online. Dengan adanya layanan internet semacam ini anda tidak perlu repot lagi belanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang yang anda inginkan. Cukup buka laptop anda kemudian koneksikan dengan internet, cari toko online terpercaya yang menjual barang yang anda inginkan, transfer dan barang keinginan andapun akan dikirim ke rumah anda.

5. E-Banking
Kemudahan transaksi dan transfer uang real time bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan internet E-Banking. Saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking ini kepada para nasabahnya. Kelebihan dari E-Banking di banding dengan transaksi biasa adalah kemudahannya. Untuk transfer misalkan, anda tidak perlu datang ke mesin ATM terdekat lagi untuk mentransfer sejumlah uang. Cukup gunakan layanan internet ini maka andapun bisa mentransfer uang dengan cepat.

6. Chatting
Layanan internet ini merupakan layanan favorit para kawula muda, chatting merupakan kegiatan berbincang melalui teks antar para pengguna internet seluruh dunia. Salah satu aplikasi chating yang sering digunakan adalah IRC (Internet Relay Chat) sebuah protokol yang memungkinkan semua user internet saling terhubung dan berbincang pada sebuah channel.

7. VOIP
Voice Over Internet Protocol (VOIP) merupakan layanan internet yang memungkinkan pembicaran via telephone dengan biaya gratis. Jika menggunakan layanan internet yang satu ini anda hanya memerlukan koneksi internet tanpa harus membayar pulsa telepon. Banyak sekali VOIP server gratis yang bisa anda gunakan untuk layanan internet ini salah satunya yang paling terkenal di Indonesia adalah VOIP rakyat.

8. Telnet (Tele Networking)
Fungsi dari Telnet untuk mengakses komputer (host/server) dari jauh. Telnet merupakan program yang memungkinkan komputer menjadi pusat dari komputer lain di internet. Telnet pun memungkinkan untuk log in sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada di komputer tersebut. Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu.Layanan internet ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.

9. Internet Relay Chat (IRC)
IRC merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. kita dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang. Atau, jika kita inginkan, layanan internet ini dapat anda menggunakan IRC untuk mengatur komunikasi pribadi dengan orang-orang tertentu, yaitu sejenis teleconference. 

10. Discussion Group
Biasanya, kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.


Daftar pustaka




Priyatno, Duwi. (2009). Belajar Mudah Internet. Yogyakarta: Mediakom

Yuhefizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet dan Aplikasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo





Tidak ada komentar:

Posting Komentar