Senin, 04 November 2013

BAB I ISD sebagai salah satu MKDU


TUGAS ILMU BUDAYA DASAR
NAMA : ANISA TRIANANDA
KELAS : 1 PA 15
NPM   : 11513080

BAB I
ISD sebagai salah satu MKDU
1.1 PENGERTIAN, TUJUAN, ISD dan IPS
A.    Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang membahasa masalah-masalah social, seperti yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan fakta, teori dan konsep yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.
B.    Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial    yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
 C. Kelompok Ilmu Pengetahuan
a.       Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b.      Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah,  Psikologi, geografi dan lain lain.
c.       Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.

1.2 ISD dan IPS
Perbedaan ISD dengan IPS

1.    Ilmu sosial dasar dibrikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
2.    ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran    (untuk sekolah lanjutan).
3.    ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
Persamaan ISD dengan IPS

1.    Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan
2.    Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3.    Duaduanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan sosial

1.3 ruang lingkup ISD
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Dari kerangka tujuan yang telah dikemukakan tersebut diatas, dua masalah pokok biasa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian matakuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD). Kedua masalah pokok tersebut ialah :
1.      Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya mcrupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapal didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun sccara gabungan (anlar bidang) bcrbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2.  Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman.
http://arfanart.wordpress.com/2011/10/03/perbedaan-antara-ilmu-pengetahuan-sosial-dengan-ilmu-sosial-dasar/
http://fafneil.blogspot.com/2013/03/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup.html 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar