Minggu, 30 Oktober 2016

2. ARSITEKTUR KOMPUTER & STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA


2. ARSITEKTUR KOMPUTER & STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA 



A. PENGERTIAN ARSITEKTUR KOMPUTER

 Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara  pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll) Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya.
Menurut Alfatta (2007), Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.Arsitektur komputer memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Jadi arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputeryang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Jadi, Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAMROMcakram keras, dan lain-lain. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von NeumannCISCRISCblue Gene, dan lain-lain.
Arsitektur komputer dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan sebagainya.

B. Pengertian Struktur Kognisi Manusia

Menurut Prof. Benny H. Hoed, struktur adalah bangun (teoritis) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan. Struktruk merupakan sifat fundamental bagi setiap sistem. Menurut Piaget, struktur disebut juga scheme (schemata/schemas).
Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atu sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan manipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan dengan kecerdasan atau inteligensi.
Jadi, struktur kognisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema.

C. Kaitan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer

Setiap manusia memiliki kemampuan yang luar biasa, akan tetap disamping itu manusia juga mempunyai banyak kelemahan. Manusia memiliki peranan yang penting. Maka dari itu untuk membatu manusia dalam pekerjaannya diciptakanlah berbagai teknologi yang disebut kecedasan buatan (artificial intelligence). Dalam hal ini yang paling dikenal dengan komputer. Komputer dibuat serupa dengan sistem kognisi manusia dan dibuatlah suatu rancangan arsitektur komputer sebagai suatu kombinasi antara pengolahan pusat dengan pengingat kontrol.

D. Kelemahan dan kelebihan arsitektur komputer dibandingkan dengan struktur kognisi manusia

1.    Arsitektur Komputer :
Kelebihan :
a.       Memiliki processor lebih dari satu
b.      Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
c.       Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan
d.      Menggunakan teknologi time sharing
e.       Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan :
a.       Ukurannya besar, maka dari itu membutuhkan ruang yang besar untuk penyimpanan
b.      Harga yang sangat mahal
c.       Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
d.      Kerjanya sangat lama
e.       Membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

2.    Strukur kognisi manusia
Kelebihan:
a.       Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
b.      Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar;
c.       Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.
Kekurangan:
a.       Membutuhkan waktu yang cukup lama
b.     Terkadang sulit mengaplikasikan dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalisasikan cara berpikir mereka.

E. Contoh Kasus
Seperti apa yang di katakan oleh dosen saya, saat belajar kognitif. Pada kognisi manusia saat sedang belajar kita akan menerima (receives) materi yang sedang diajarkan oleh dosen lalu menyimpannya (storage) didalam STM (short term memory) atau langsung tersimpan didalam LTM (long term memory) materi yang sudah diberikan oleh dosen tadi, lalu pada saat akan ujian kita akan memanggil (retrieval) kembali materi yang sudah disimpan tadi. Ini berkaitan dengan arsitektur komputer, dimana pada saat kita mengetik data, komputer sedang menerima (receives) data, lalu kita mengesave atau menyimpan (storage) data tersebut, ketika sewaktu-waktu kita memerlukan data tersebut kita akan memanggilnya (retrieval) kembali dengan mensearching nama file atau data tersebut
Analisa :
Jadi, menurut saya ada persamaan antara kognisi manusia dan arsitektur komputer dalam hal memproses informasi yaitu receives, storage dan retrieval, walaupun keduanya sama dalam memproses informasi tetapi keduanya berbeda dalam hal pengaplikasiannya. Dalam kasus ujian yang dimaksud receives ketika kita menerima materi perkuliahan, sedangkan strorage,ketika kita menyimpan materi perkuliahan tersebutd an retrieval pada saat ujian kita akan memanggil materi yang sebelumnya sudah disimpan di STM atau LTM. Sedangkan pada kasus arsitektur komputer yang dimaksud dengan receives ketika kita sedang menerima data atau mengetik data, sedangkan strorage pada arsitektur komputer ketika mengesave atau menyimpan data dan retrieval. Ketika sewaktu-waktu kita memerlukan data tersebut kita akan memanggilnya kembali dengan mensearching nama file atau data tersebut. Hal ini menunjukan bahwa manusia yang menciptakan komputer dengan sistem yang menyerupai kognisi manusia dengan maksud mempermudah manusia dalam pekerjaannya.




SUMBER:
Alfatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Informasi. Yogyakarta: Andi Offset
Solso, Robert L., Maclin, Otto H., Maclin, M. Kimberlyn. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga
http://www.academia.edu/6504965/Pengertian_dan_Tujuan_ARSITEKTUR_KOMPUTER diakses tanggal 26/10/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar