Kamis, 09 Oktober 2014

LAYANAN APLIKASI INTERNET (EMAIL)


PENDAHULUAN
      Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia.  internet mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Maka dari itu, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Disini kami akan memberikan penjelasan tentang salah satu layanan aplikasi internet yaitu email,

E-Mail
Email (Elektronik Mail) adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui jaringan internet. Alamat e-mail saat ini layaknya sudah menjadi identitas pribadi, karena dengan e-mail kita bisa saling mengirim suratdengan cepat, boleh dikatakan e-mail merupakan pengganti alamat rumah kita. Aplikasi-aplikasi email antara lain  Yahoo mail, Gmail, Hotmail dan sebagainya. Dengan adanya layanan email memungkinkan kita untuk dapat saling berkirim pesan melalui internet kepada teman, kerabat atau saudara.
     Sumber daya Internet yang paling penting dan paling banyak dipakai adalah surat elektronis atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-mail. Dengan menggunakan e-mail, setiap orang di Internet dapat mentransmisikan suatu pesan teks ke siapapun juga yang ada di Internet. Sistem Nama Domain (DNS) memastikan bahwa semua pengguna (user) memiliki alamat yang unik, tidak ada alamat yang sama diantara sekian juta pemakai Internet. Hal ini memungkinkan suatu pesan diketik dengan sebaris alamat tujuan dan merasa pasti bahwa pesan tersebut akan dikirim ke penerima yang dikehendaki, dimana saja penerima itu berada. Si penerima surat akan dapat membaca pesan pada komputernya, dapat pula mencetaknya maupun mengirimkannya kepada orang lain secara elektronis.
     Electronic mail adalah salah satu sarana komunikasi yang cukup handal, perbandingannya dengan mail adalah waktu pengirimannya yang sangat cepat. Electronic mail atau disingkat e-mail bukanlah pelayanan “end to end”, karena mesin pengirim dan penerima tidak perlu berkomunikasi secara langsung. Proses penyampaian electronic mail dapat dianalogikan dengan penyampaian surat oleh Kantor Pos dan Giro. Proses ini disebut “store and forward”. Alamat yang dituju harus ditentukan dan kemudian surat tadi diletakkan di kotak pos, kemudian mobil pos akan mengambil surat tersebut untuk dibawa ke kantor pos terdekat, dari kantor pos asal kemudian surat tadi dikirim ke kantor pos terdekat dengan alamat tujuan dan akhirnya dari kantor pos tadi surat tersebut dikirim ke kotak pos tujuan.
Kelebihan E-mail:
a.        Pengiriman pesan lebih cepat.
  1. Tidak membutuhkan banyak biaya.
  2. Lebih fleksibel
  3. lebih aman
Kekurangan E-mail:
a.        Tidak semua orang dapat mengerti internet
  1. Hanya bisa dikirim/diterima melalui komputer, tab, laptop yang sudah tersambung ke Internet.
  2. Untuk mengetahui ada E-mail masuk harus login terlebih dahulu ke account yahoo.

A.    Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail)

Ini adalah layanan email gratis favorit saya. Selain bisa membuat email dengan gratis, kita juga bisa membuat akun Google plus dengan mudah bila sudah memiliki akun Gmail.
1. Langkah pertama, kunjungi situs Google mail
2. Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Google mail.

3. Isi kolom-kolom yang ada pada halaman pengisian dengan data Anda:
§  Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
§  Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
§  Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
§  Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
§  Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
§  Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
§  Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
§  Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
§  Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
§  Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
§  Klik tombol “Langkah berikutnya”


4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda dengan menambahkan foto profile Anda. Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto Profil”. Anda bisa memasukkan foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto profil, klik tombol “Langkah berikutnya”.

5. Voila, akun email di Google sudah selesai dibuat. Silahkan klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar